Minggu, Januari 09, 2022

Silahturahmi Pengurus ONIKA Wilayah Jakarta - Bandung di YPU (9 Januari 2022)

Hari ini, 9 Januari 2022, Pengurus ONIKA Wilayah Jakarta dan Bandung mengadakan acara silahturahmi di YPU. Kerinduan untuk bertemu menggerakan para pengurus untuk bisa bertatap muka secara langsung setelah sekian waktu hanya berbicara, bercanda, dan rapat melalui aplikasi Zoom. Pada silahturahmi ini, Pak Fidelis Harefa dari Palangkaraya juga turut hadir dan tentu saja juga sebagai bukti akan kerinduan untuk bertemu secara langsung.



Acara silahturahmi ini dimulai dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pst. Onesius Otenieli Daeli, OSC dan tentu saja dengan iringan nyanyian indah dari rekan-rekan muda YPU. Hari ini, Minggu (9/1/2022) Gereja Katolik merayakan Pesta Pembaptisan Tuhan. Oleh karenanya dalam homilinya Pst. Ote OSC mengawalinya dengan 2 (dua) pertanyaan besar: (1)"Kalau Yesus itu Tuhan, kenapa Ia dibaptis? Bukankah yang dibaptis itu hanya manusia?" (2) Kalau Yesus dibaptis, berarti Yesus juga berdosa sebab baptisan Yohanes adalah baptisan tobat. 

"Dua pertanyaan ini dijawab oleh masing-masing Injil dengan cara yang berbeda", kata Pst. Ote dalam homilinya. Lukas menampilkan bahwa Yesus bukan orang biasa (Ketika Yesus dibaptis dan berdoa, terbukalah langit dan turunlah Roh Kudus dan terdengarlah suara "Engkaulah Putra kesayanganku, Engkau berkenan di hatiKu). Matius menuliskan bahwa Yesus datang kepada Yohanes untuk dibaptis, tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu dan Engkau datang kepadaku?". Tetapi Yesus menjawab: "Biarlah hal itu terjadi karena demikianlah sepatutnya kita menggenapi kehendak Allah". 

Markus menuliskan "Pada saat Ia keluar dari air, ia melihat langit terkoyak dan Rohh seperti burung merpati turun di atas-Nya". Yohanes menegaskan "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti burung merpati dan Ia tinggal di atas-Nya dan akupun tidak mengenal-Nya tetapi Dia yang mengutus aku untuk membaptis dengan air telah berfirman kepadaku, jika engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atasnya, Dia itulah yang akan membaptis dengan Roh Kudus, ...."

Maka kita melihat bahwa Yesus bukanlah orang biasa, bukanlah orang berdosa tetapi demi melaksanakan kehendak Allah, Ia mampu memberi diri untuk dibaptis. 


Setelah Perayaan Ekaristi acara lain yang dilakukan pada hari ini adalah "Kece-kece Pengurus Onika Wilayah Jakarta - Bandung + Palangkaraya. Suasana dalam kece-kece itu penuh dengan tawa dan curhat-curhat kecil tentu saja berkaitan dengan Onika dan hal-hal yang berkaitan dengan Onika di masa yang akan datang. 

Berikut bebarapa foto berkaitan dengan acara silahturahmi ini:









Semoga Pengurus Onika di Wilayah lain akan segera juga melepas kerinduan untuk bertemu. Amin.     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas Partisipasi nya. Salam sehat selalu! ONIKA.